Rabu, 16 November 2016

PRAMUKA

        Kalau di SMP dulu yang mengajari kita saat pramuka namanya DP. Apa itu DP? DP itu Dewan Penggalang tapi kalau SMA namanya DA, DA itu adalah Dewan Ambalan. Terus bedanya kalau SMP itu DP mulai mengajar saat pramuka itu ketika mereka kelas tingkat II atau kelas VIII, tapi kalau SMA DA mulai mengajar mulai sejak kelas tingkat I atau kelas X setelah perekrutan selesai. Jadi, ketika kelas X sudah direkrut dan fix menjadi anggota DA, maka otomatis anggota DA kelas X akan mengajari pada saat pramuka hari jumat. DA kelas X akan mengajari teman-temannya yang baru saja ia kenal mungkin.
        Memang hal tersebut dilakukan untuk melatih kepemimpinan dan keberanian berbicara di hadapan orang lain. Mungkin hal tersebut sudah ada dalam jiwa beberapa orang. Tetapi bkan berarti semua, bukan? Apalagi sekarang banyak generasi muda yang dimanjakan dengan gemerlap teknologi yang canggih. Dengan teknologi yang terdapat pada handphone misal media sosial. BBMlah gampang-nya, mereka pada saat berkumpul dengan teman akan lebih banyak bermain dengan handphone daripada berbincang dengan teman. Maka dari itu, bila kita tidak mencoba, kapan kita akan berubah menjadi lebih baik kawan. Didalam kepramukaan terdapat banyak materi yang dapat kita peroleh mulai dari morse, semaphore sampai dengan tanda saat berada di hutan. Tanda bahaya, tanda belok kanan, belok kiri, dan masih banyak lagi.
        DA tidak hanya melakukan kegiatan mengajari saat pramuka tetapi juga ada satnya mereka mengikuti lomba-lomba. Banyak yang dipersiapkan ketika mereka akan menghadapi sebuah perlombaan. Pernah suatu ketika DA menyiapkan perlombaan dengan membuat kerangkan yang disusun dari beberapa bambu yang disatukan menggunakan tali pramuka. Tidak hanya itu mereka juga ada yang merelakan waktunya untuk persiapan lomba sampai dengan sore. Bahkan ada yang sampai menginap, tentunya dengan seizin orang tua. Pramuka diselenggarakan SMA N 3 Boyolali setiap hari jumat, mulai dari pukul 12.30 sampai dengan 15.30 jika ada siswa yang ingin melakukan kegiatan lain masih ada waktu yang tersisa. Cukup sekian dulu ya... Assalamu'alaikum... 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar