Rabu, 16 November 2016

PKS

      Patroli Keamanan Sekolah merupakan ekstrakurikuler dan organisasi di SMA N 3 Boyolali. Sesuai namanya yaitu Patroli Keamanan Sekolah, jadi salah satu tugasnya adalah menjaga keamanan sekolah, mari kita simak sejarah singkat terbentuknya PKS. Pada tanggal 5 Mei 1975 dibentuk sebuah wadah yang bernama Polisi Keamanan Sekolah. Saat itu ruang lingkup tugas yang dibawa Polisi Keamanan Sekolah masih sempit, yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh siswa. 
      Maka dari itu, tugas Polisi Keamanan Sekolah diperluas dengan namanya menjadi Patroli Keamanan Sekolah dengan persetujuan dari Bapak Letkol Anton Sudjarwo. Ternyata dalam hal ini Patroli mengalami penyempitan dan perluasan, kawan. Tugas dipersempit di bidang keamanan, dimana tugas yang dibawa Patroli Keamnan Sekolah hanyalah sebagi pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yang terjadi di sekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak guru. Sedangkan perluasannya yaitu pada bidang lalu lintas, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah wajib mengetahui peraturan-peraturan dalam lalu lintas.
        Tujuan dari Patroli Keamanan Sekolah ini adalah untuk membantu masyarakat menertibkan keamanan, melatih siswa agar disiplin bertanggungjawab dan berdikari (berdiri sendiri), dan mencegah serta menangani kenakalan remaja. Seperti yang kawan-kawan lihat di tepi jalan sekolah ada petugas dari siswa yang menertibkan lalu lintas di depan sekolah mereka. Mereka tidak asal gerak tangan hlo kawan. Di PKS ada 12 isyarat lalu lintas menggunakan gerakan tangan. Ada gerakan stop, jalan, percepat, dan perlambat. Tidak hanya itu, PKS juga memiliki cara mengatur lalu lintas dengan menggunakan peluit, cahaya, APILL dan ada pula cara pengaturan darurat. Oh iya, ada yang tahu apa itu APILL? Oke, kalau belum tahu nih aku kasih tahu. Jadi, APILL itu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas dengan warna berbeda dan tujuan yang berbeda pula. Baik, sampai jumpa dilain waktu.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar