Jumat, 28 Oktober 2016

Kreatifnya SMAGA

         Di Sma Negeri 3 Boyolali memiliki pohon buah mentega yang memiliki nama ilmiah Diospyros blancoi A. Namun, ada pula yang mengenalnya sebagai buah bisbul. Buah ini memiliki kulit luar yang penuh dengan bulu seperti beludru. Pada saat muda warna buahnya merah kecoklatan lau berubah menjadi merah terang. Saat matang warnanya merah kusam, isinya berwarna keputihan, agak keras dan padat, serta kering. Rasa buahnya enak dan unik. Namun, sebagian besar siswa belum mengetahui tentang buah mentega ini.   
          Pohon ini langka di Filipina, di Indonesia pohon ini dapat ditemukan dengan mudah. Salah satunya di SMA Negeri 3 Boyolali. Bagian lapangan footsal sebelah timur laut terdapatlah pohon Bisbul ini. Pohon ini menghasilkan banyak buah yang berwarna merah menggoda. Sedikit dari siswa yang mencoba merasakan buah ini. 
         Bisbul merupakan pohon yang sedang tingginya, 10-30 m, meskipun umumnya hanya sekitar 15 m atau kurang. Berbatang lurus, dengan batang berwarna hitam atau kehitaman, diameter hingga 50 cm atau lebih di pangkal batang, bercabang kurang lebih mendatar dan bertingkat, dengan pohon semakin mengerucut dan daun-daunnya rapat sehingga gelap di bagian dalamnya.

         
          Kurangnya pengetahuan tentang buah mentega. Jadi, hanya dibiarkan jatuh berserakan di tanah. Keprihatinan akan buah yang terbuang sia-sia mendorong siswa untuk berinovasi. Ada sekelompok siswa yang memiliki inovasi untuk mengubah buah mentega menjadi produk sirup. Cara membuat sirup mentega sama dengan cara membuat sirup buah yang lain. Rasanya manis dan tidak begitu masam.
          Buah mentega memiliki banyak manfaat yaitu dapat sebagai suplay energi bagi tubuh, menjaga daya tahan tubuh, baik untuk percernaan, mencegah anemia, memperlancar peredaran darah, menjaga kesehatan mata, baik untuk pertumbuhan tulang, menjaga dan merawat kesehatan kulit, dan dapat digunakan untuk memperbaiki sel yang telah rusak. 
         Hasil kreatifitas dapat bermula darimana saja, ilmu dapat disalurkan melalui siapa saja, Namun, kesempurnaan hanya milik sang pencipta saja.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar