Minggu, 30 Oktober 2016

Apa itu Adiwiyata?

    Okay,  sekarang kita akan membahas tentang.....  Jeng... Jeng...  Jeng...  A.. DI.. WI.  YA.. TA.. Yeee..... Adiwiyata itu keadaan dimana enak, baik,  nyaman, idel,  nan bersih yang dapat diperoleh berbagai ilmu, norma, etika, didalamnya.
      Tujuan dari adiwiyata sendiri adalah untuk membentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Warga sekolah agar berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian dan pembangunan lingkungan. 
      Dan kabar baiknya SMA N3 Boyolali mendapat predikat Adiwiyat Mandiri. Wow.... Hal tersebut tidak semudah yang dipikirkan. Dalam mencapai elar tersebut banyak kegiatan- kegiatan yang dilakukan. Beberapa diantaranya kegiatan yang berhubungan dengan 5R, teknik pembuatan kompos,  mengurangi penggunaan plastik. 
      Tentang 5R dalam proses menuju gelar Adiwiyata Mandiri tadi itu maksudnya Recycle,  Reuse,  Reduce,  Replace,  dan yang terakhir Replant. 
      Sebelumnya, sekolah juga sudah menerapkan adanya biopori pada setiap daerah yang sudah direncanakan. Menyediakan tempat sampah yang dibagi menjadi 4 kelompok,  seperti daun,  plastik,  logam berat,  ada pula yang dibagi yang menjadi 2 kelompok,  yaitu anorganik dan organik. 
    

Tidak ada komentar :

Posting Komentar